Apa yang lebih utama bagi musafir, berbuka atau terus berpuasa?

    Author: Sidiq Nurhidayat Genre: »
    Rating

    PERTANYAAN

    Apa yang lebih utama bagi musafir,berbuka atau terus berpuasa? Terutama pada safar (bepergian) yang tak ada kepenatan, seperti dalam pesawat atau alat-alat transportasi modern lainnya?

    JAWABAN

    Yang afdhal bagi orang berpuasa adalah berbuka saat bepergian, bagaimana pun keadaannya. Tetapi orang yang tetap berpuasa maka tidak ada dosa baginya, karena rasulullah pernah melakukan ini dan itu, demikian pula para sahabatnya. Tetapi, jika panas sangat menyengat, dan kecapaian semakin meningkat, maka berbuka di saat ini sangat diharuskan. Adapun alasan kenapa berpuasa bagi seorang musafir sangat dimakruhkan (dibenci), yaitu karena rasulullah pernah melihat seorang lelaki dalam safar yang sangat kecapaian dan tetap berpuasa, beliau berkata kepadanya,

    “Bukan termasuk kebaikan, jika tetap berpuasa saat bepergian.”

    Juga karena sabda beliau yang berbunyi,

    “Sesungguhnya Allah senang jika rukhsahnya2 dikerjakan, sebagaimana Dia Membenci jika kemaksiatan dikerjakan.”

    Dalam lafadh lain,

    “Sebagaimana Dia senang jika azimah-azimahnya3 dikerjakan.”

    Dan dalam hal ini tidak ada perbedaan diantara para musafir, apakah itu yang bepergian dengan mobil, unta, perahu, kapal, atau orang yang bepergian dengan pesawat. Karena semua orang diatas, tetap dinamakan sebagai musafir, sehingga berhak mendapatkan keringanan yang diberikan Allah kepada mereka.
    Allah subhaanahu wa ta`ala telah mensyariatkan hukum safar (bepergian) dan iqamah (menetap) bagi para hamba-Nya di zaman nabi shallallahu `alaihi wasallam, dan hukum ini terus berlaku bagi hamba lainnya setelah masa itu hingga hari kiamat. Dia (Allah) Maha tahu apa yang bakal terjadi dari berbagai perubahan dan menjadi bermacam-macamnya jenis alat tranportasi. Seandainya hukum akan berbeda, tentunya Allah menjelaskan hal itu dalam kitab-Nya, sebagaimana Ia Menjelaskan dalam surat An-Nahl yang berbunyi,

    “Kami telah menurunkan al-qur`an kepadamu sebagai penjelas atas berbagai hal, juga petunjuk, rahmat dan pemberi kabar gembira bagi kaum muslimin.” (QS.An-Nahl: 89)

    Juga berfirman dalam surat yang sama,

    “Dan Dia Menciptakan kuda, bagal4 dan keledai, agar kamu menungganginya dan menjadikannya perhiasan. Dan Allah menciptakan apa yang kamu tidak mengetahuinya.” (QS. An-Nahl: 8)

    Ket.
    • Rukhsah adalah keringanan yang diberikan Allah kepada hamba-Nya, seperti shalat yang asalnya empat rakaat menjadi dua rakaat.
    • Azimah adalah hukum asal, lawan dari rukhsah. Jadi ia adalah hukum asal sebelum keringanan diturunkan.
    • Bagal yaitu peranakan kuda dengan keledai. 





     Sumber  :  Fatwa-Fatwa Puasa Imam Abdul Aziz bin Baz

    Leave a Reply

    Posting Terbaru




    Ingin langganan artikel gratis via email? masukan alamat email anda di sini:

    Delivered by FeedBurner

    Page Rank

    Visited Today

    Brownies Kukus LaKhansa

    Total Pageviews

    Alexa