Manhaj Tahsin Ahkâm Al-Qur`an Metode Al-Jazari

    Author: Sidiq Nurhidayat Genre: »
    Rating




    Metode tahsin "Al-Jazari" adalah sebuah metode tahsin yang merujuk kepada seorang Imam Al-Quran, Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf Al-Jazari atau yang mashur di dunia Islam dengan sebutan Ibnu Al-Jazari. Beliau meringkas ilmu Ahkâm Al-Quran dengan bait-bait matan yang memuat tentang kaidah dari awal hingga akhir dengan riwayat Imam Hafs 'an Ashim rahimahumullâh.

    Kepada beliaulah dinisbatkan metode Ahkâm Al-Jazariyyah yang digunakan dan diakui oleh dunia Islam dalam kaitannya dengan masalah Ahkâm At-Tilâwah dari masanya hingga saat ini.

    SEJARAH SINGKAT IBNU AL-JAZARI

    Syaikhul Islam, Imam qira`ah dan tajwid dari masanya hingga kini, Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin Ali bin Yusuf dengan kunyah Abu`l Khair dan laqobnya Ibnu Al-Jazari.

    Beliau dilahirkan di Syam pada malam sabtu, 25 Ramadhan 751 H. Hafal Al-Qur'an pada saat berusia 14 tahun kemudian melanjutkan pada ilmu qira`ah secara individu maupun berjamaah.

    Semasa hidupnya, beliau mencurahkan sebagian besar jatah hidupnya untuk belajar dan mengajarkan Al-Qur'an. Dalam rangka perjalanan ilmu ini, beliau telah menjelajah Mesir, Madinah, Bashrah, Samarqand, Khurasan, Isfahan dan Syiraz. Selain mengambil ilmu khusus dalam bidang Al-Qur'an, beliau pun mempelajari hadits, fiqih, ilmu-ilmu ushul dan juga bahasa (balaghah).

    Pada masa Imam Ibnu Katsir di Mesir, beliau pernah diberi ijazah untuk menjadi seorang Mufti di Mesir pada tahun 774 H, sedangkan beliau pada saat itu masih berusia 24 tahun. Imam Ibnu Katsir merupakan guru pertama yang memberi ijazah fatwa kepada beliau.

    Pada tahun 785 H, Syaikhul Islam Al-Balqini melantik beliau sebagai Masyikhah As-Sholihiyyah di Baitul Maqdis selama beberapa waktu. Selain itu, Ibnu Al-Jazari pun pernah dilantik sebagai Qadhi di Syam dan Syiraz.

    Pada saat di Syiraz, beliau membangun sebuah madrasah untuk mengajar ilmu qira`ah yang diberi nama "Darul Quran".

    Diantara warisan ilmu beliau yang paling dikenal di dunia Islam adalah:
    1. Ad-Durrah Al-Mudhî`ah, merupakan kitab Qira`ah tiga untuk menyempurnakan qira`ah tujuh imam Asy-Syatibi yang dikenal sebagai Qira`ah 'Asyrah Shugra.

    2. An-Nasyr Fî Al-Qirâ'ah Al-Asyr, merupakan kitab yang paling masyhur diantara sekian banyak kitab-kitab beliau dalam tajwid dan qira`ah. Kitab inilah yang menjadi rujukan utama dalam pengkajian ilmu qira`ah sejak zaman beliau hingga masa kini.

    3. Toyyibah An-Nasyr Fî Al-Qirâ`at Al-'Asyr, merupakan ringkasan darei kitab yang tersusun dalam bait-bait matan. Kitab ini telah ditetapkan Al-Azhar sebagai rujukan pengkajian qira`ah untuk tingkat Takhassus di Ma'had Qira`ah di seluruh Mesir.

    Ibnu Al-Jazari wafat pada waktu Dhuha hari Jum'at yang bertepatan dengan tanggal 5 Rabi'ul Awwal 833 H pada usia 82 tahun. Beliau disemayamkan di Darul Qur'an yang dibangun olehnya. Jenazah beliau disaksikan oleh seluruh umat sebagai bukti bahwa beliau sangat dicintai umat.

    Sumber: dar-quran - Indonesian Al-Qur'an Community

    Leave a Reply

    Posting Terbaru




    Ingin langganan artikel gratis via email? masukan alamat email anda di sini:

    Delivered by FeedBurner

    Page Rank

    Visited Today

    Brownies Kukus LaKhansa

    Total Pageviews

    Alexa