Qiro'at Al-Jazariyah

    Author: Sidiq Nurhidayat Genre: »
    Rating

    Al-hamdulillah akhirnya diberikan waktu luang dan kesempatan untuk belajar Tahsin dari guru yang memiliki sanad yang Mutawattir, yaitu bacaan yang diterima dari guru guru yang dipercaya bersambung sampai ke Rasulullah SAW.

    Ada 10 Imam Qiro'at yang di akui Mutawattir sanad nya salah satu nya adalah Imam 'Asim, nama lengkapnya Abu Bakar bin Abun Najud Al-Asadi, wafat di Kuffah tahun 128 H. Sanad Imam ini, ia membaca dari Abu Abduerrahman bin Hubaib As-Sulami, Abu Abdurrahman membaca dari Abdullah bin Mas’ud, Usman bin Affan, Ali bin Abi Thalib, Ubay bin Ka’b dan Zaid bin Sabit dan para sahabat tersebut dari rasulullah SAW. Adapun perawi ini adalah

    a). Syu,bah yang nama lengkapnya Abu baker Syu’bah bin Ay-Yasi bin Salim Al-Asadi dan
    b). Hafs, yang namalengkapnya Abu ‘Amr Hafs bin Sulaiman bin Al Mughirah. Bacaan Imam Hafs inilah yang beredar di Indonesia.

    Imam ibnu Al-Jazari; syaikhul qurra’ dan muhadditsin pada zamannya; ‘Bukhari’ di kalangan qari’; banyak melakukan perjalanan dalam belajar, mengajar, serta menelurkan karya tulis yang mencukupi perbendaharaan ilmu qiro’at; menyebarkan qiro’at dan hadits ke setiap negeri yang didatanginya.Nama lengkap beliau adalah Abu Al-Khair Syamsuddin Muhammad bin Muhammad bin Muhammad bin `Ali bin Yusuf Al-Jazari Asy-Syafi`i. Lahir di Damaskus pada malam Sabtu setelah shalat tarawih tanggal 25 Ramadhan 751H.

    Matan Al-Jazariyah:

    Leave a Reply

    Posting Terbaru




    Ingin langganan artikel gratis via email? masukan alamat email anda di sini:

    Delivered by FeedBurner

    Page Rank

    Visited Today

    Brownies Kukus LaKhansa

    Total Pageviews

    Alexa